Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul
(yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan
satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan
ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan
ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak
jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik
telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada
banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang
peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam
mencapai tujuannya.
1.Google
Plus
Google
Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc.
Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk
diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk
mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini
segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin
membeludak.
Google+
mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google
Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts,
Sparks, and Huddles.Google+ juga akan tersedia dengan berbagai
aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan
sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah
menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi
jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta
pengguna pada tahun 2011.
Kelebihan
:
-
Ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita
langsung bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle
kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
-
Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh
dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
-Terdapat
fasilitas Hangouts yang memungkinkan pengguna video chat dengan
temannya.
-
Mode huruf beragam. Di G+ (singkatan Google+) bisa menulis sebuah
status dengan mode miring, coret, atau tebal.
-
Sistem Tag sama dengan FB, di G+ bisa membuat tag di status dengan
‘@’ dan ‘+’. Tag bahkan juga bisa dibuat melalui versi
mobile.
Kekurangan:
-
Dengan koneksi internet yang lambat, akan sulit mengakses akun google
plus yang menggunakan live notification.
-
Banyak fitur yang sama seperti yang sudah dimiliki oleh pendahulunya,
facebook.
-
Popularitas google plus menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya
layanan ini. Semakin banyak yang meninggalkan jejaring sosial ini.
-
Belum banyaknya dukungan dari aplikasi lain seperti games yang sudah
terlebih dahulu populer di facebook.
2.Facebook
Siapa
yang tidak kenal facebook? Mulai dari anak kecil sampai dewasa pasti
sudah karab dengan nama jejaring sosial yang satu ini. Dimulai dari
kemunculannya tahun 2006 yang mampu menggeser dominasi friendster,
sedikit demi sedikit, facebook mulai membangun kekuatannya menjadi
social media yang paling populer. Hingga saat ini, dengan lebih dari
700.000.000 pengguna aktif bulanan, keberadaan facebook sebagai
social media terpopuler nampaknya masih sulit untuk digoyahkan.
Kelebihan:
-
Menggunakan facebook sangat mudah.
-
Pengguna facebook sangat banyak, mencapai 700.000.000 pengguna aktif
per bulan.
-
Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan
yang telah dimiliki.
-
Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
-
Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa
chat dengan temannya yang sedang online juga.
-
Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group
kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi
lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
Kekurangan:
-
Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
-
Layout yang tidak bisa diganti.
-
Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.
3.Twitter
Twitter
merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet
sepanjang maksimal 140 karakter. Pengguna dapat melihat kicauan
penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). Dengan
jumlah pengguna bulanan yang mencapai 200.000.000 orang, twitter
semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling
populer di dunia.
Kelebihan:
-
Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis
dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
-
Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis
langganan.
-
Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi
berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya,
lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
-
Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui
apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna
twitter.
-
Pengguna dapat mengubah gambar layout sesuai dengan selera mereka.
Kekurangan:
-
Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
-banyak
symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, #
dan lain-lain.
-
Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
-
Tidak bisa membuat album foto seperti di facebook.
-
Ukuran avatar (foto profil) kecil.
Kesimpulan
dan Manfaatnya di dunia pendidikan :
Setiap
jejaring sosial mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Twitter unggul pada kecepatan arus informasi, Facebook unggul pada
kelengkapan fitur dan banyaknya jumlah penggunanya, dan google plus
unggul pada beragam fasilitas baru seperti hangouts, circle, dan
sparks. Bagi dunia pendidikan sendiri sebenarnya jejaring sosial itu
cukup bermanfaat jika kita memakainya dengan hal – hal yang
bermanfaat, misalnya seperti banyaknya informasi – informasi
mengenai dunia pendidikan. Selain itu di jejaring sosial pun kita
bisa saling bertukar infromasi, tetapi kita harus tetap berhati –
hati dan memilah – milih dari informasi tersebut karena banyak juga
informasi yang negative dan banyak pula hal – hal yang tidak
penting.
0 komentar:
Posting Komentar