google-site-verification: googlef5a045a9be3b6879.html Njunx Blog: Model 7 layer OSI

Senin, 10 November 2014

Model 7 layer OSI



OSI (open system interconnection) 

Model konsep ini dibentuk oleh ISO (International Organization for Standardization) sebagai model untuk arsitektur komunikasi  komputer dan sebagai framework untuk pembentukan protokol standar.
Layer-layer pada model OSI :

  1. Physical layer, 
    Berhubungan dengan transmisi dari aliran bit yang tidak terstruktur melalui medium fisik, berhubungan dengan karakteristik mekanikal, elektrikal, susunan pin kabel, fungsional, dan prosedural untuk akses pada medium fisik.
  2. Data link layer, 
    Menyediakan transfer informasi yang lebih reliable melalui link fisik, mengirim blok-blok data (frame-frame) dengan keperluan synchronisasi, error control, dan flow control. Pendeteksian kesalahan (bukan pembetulan).
  3. Network layer, 
    Menyediakan layanan pada layer diatas dari transmisi data dan teknologi switching yang dipakai untuk hubungan sistem, yang digunakan untuk menentukan rute yang akan dilalui oleh data, tanggung jawab untuk mewujudkan, mengutamakan dan memutuskan koneksi-koneksi.
  4. Transport layer, 
    Memecah data menjadi beberapa paket data, Menyediakan metode pengiriman, Menyediakan transfer data secara transparan antara akhir point, menyediakan end to end, melakukan perbaikan kesalahan sebelum pengiriman dan flow control.
  5. Session layer, 
    Menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi antara aplikasi, mengatur sesi yang meliputi establishing (memulai sesi), maintaining (Mempertahankan sesi), dan terminating (mengakhiri sesi) antara aplikasi bersama, Menjaga agar data dari masing-masing aplikasi tetap terpisah
  6. Presentation layer, 
    Menyediakan proses aplikasi dari perbedaan dalam perwakilan  data (syntax), menyajikan data, mengatur konversi dan translasi berbagai format data, seperti kompresi data dan enkripsi data.
  7. Application layer, 
    Menyediakan user interface, menyediakan akses ke lingkungan OSI untuk pemakai dan juga menyediakan distribusi service informasi.

0 komentar: