google-site-verification: googlef5a045a9be3b6879.html Njunx Blog: Apa itu Virtualisasi

Selasa, 21 Oktober 2014

Apa itu Virtualisasi

Saat ini rasanya kita sering sekali mendengar kata virtualisasi dalam keseharian kita terutama bagi mereka yang bergelut dibidang IT. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan virtualisasi itu sendiri?, untuk mengetahui lebih dalam mengenai istilah tersebut mari kita simak ulasan berikut.
Ada yang menyatakan bahwa pengertian virtualisasi adalah sutu proses abstraksi terhadap Sumber Daya Komputer. Cukup membingungkan memang jika kita coba memahami pengertian tadi. Definisi lainnya adalah Virtualisasi adalah sebuah tehnik menyembunyikan karakteristik fisik dari sebuah hardware atau perangkat komputer termasuk aplikasi didalamnya. Dan pengertian yang satu  ini lebih membingungkan lagi, maka dari itu mari kita coba menyederhanakan kembali pengertian tentang apa itu virtualisasi.
Secara sederhana virtualisasi itu membuat komputer yang sifatnya fisik menjadi virtual. Contohnya ada tiga mesin komputer yang masing-masing memiliki peranan atau fungsi yang berbeda satu sama lain, sebagai contoh Komputer A berfungsi sebagai Email Server, Komputer B sebagai File Server dan Komputer C sebagai AD Server. Jadi ketiga fungsi tersebut memiliki mesin yang terpisah satu sama lain, sehingga memerlukan sumberdaya yang lebih untuk menjalankan ketiga fungsi tersebut, seperti Hardware dan Sumberdaya Listrik.
Dengan adanya teknologi virtualisasi, maka ketiga komputer tadi hanya akan memerlukan satu Hardware Resources saja untuk memenuhi kebutuhan 3 fungsi yang berbeda tadi. Jadi sederhananya dalam satu Hardware dapat ditanam 3 fungsi komputer  dalam bentuk virtual. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan aplikasi yang berfungsi sebagai host untuk menjalankan Operating System yang akan ditanam didalam sebuah Hardware.
virtualisasi_ruang_it
Virtualisasi sudah dikenal dan dipergunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa  sistem komputer. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada “menyembunyikan detail teknis” melalui enkapsulasi
Saat ini terdapat beberapa Aplikasi yang bisa menjalankan kebutuhan virtualisasi, seperti VM Ware dan Microsoft Hyper-V. Kedua aplikasi tersebut sangat populer saat ini, dan telah menjadi pilihan untuk menerapkan Virtualisasi Server sebagai upaya untuk menekan  anggaran belanja IT

referensi : http://ruang-it.com/apa-itu-virtualisasi-2/

0 komentar: